Wednesday, January 29, 2020

10 IDE BISNIS DARI RUMAH UNTUK PARA IBU RUMAH TANGGA TANPA MODAL BESAR - PART 1

Sebagai Ibu rumah tangga, pastinya kita masih ingin memiliki uang sampingan sendiri yang bisa membantu mencukupi kebutuhan keluarga dan kebutuhan lainnya. Bukan karena suami kurang dalam memberikan nafkahnya, namun rasanya berbeda jika kita tetap memiliki penghasilan sendiri walau hasilnya tidak seberapa.




Hello beautiful mom!

Setuju gak sih, kita sebagai kaum perempuan yang serba bisa, pasti masih sangat ingin mendapatkan pendapatan sendiri yang bisa kita hasilkan walaupun tidak bekerja di gedung-gedung tinggi? Aku sendiri tipe pekerja ya, jadi aku sangat suka bekerja dalam artian memutar otak dan pikiranku agar aku dapat menghasilkan sesuatu. Sejujurnya bukan karena suami tidak memberikan kecukupan nafkah, NO!! Alhamdulilah suamiku masih sangat bisa memenuhi kebutuhanku, namun aku merasakan hal yang berbeda saja saat aku masih bisa produktif menghasilkan karya dan dari karyaku masih terdapat penghasilan yang bisa aku simpan atau aku berikan kepada orang tuaku. Atau hanya sekedar membeli skincare dan makeup tanpa mengambil jatah bulanan yang diberikan oleh suami, rasanya benar-benar ada kepuasan sendirinya.

Nah, aku mau sharing beberapa ide bisnis yang aku tau bisa dikerjakan sama Ibu rumah tangga seperti aku dengan asumsi kita bekerja separuh waktu karena separuh waktunya lagi kita menjaga anak dan mengelola rumah tangga. Ide bisnis yang aku share di bawah ini semuanya tergolong tidak membutuhkan modal besar ya, namun yang namanya usaha pasti kita akan tetap mengeluarkan modal usaha walau hanya sekedar beberapa ratus ribu saja. So, Let's go...

1. MENJADI SEORANG BLOGGER PROFESIONAL
Modal : Tidak ada modal di awal, jika ingin beralih menjadi lebih professional modal untuk domain website
Skill Yang Dibutuhkan : Menulis, mencari ide konten

Menjadi seorang blogger dapat menghasilkan uang dari advertisement yang bisa dicantumkan di blog ataupun melalui endorsement dari brand. Tips dari aku, fokuslah pada 1 atau 2 jenis genre saja dan selalu membahas hal tersebut. Biasanya brand akan memilih blogger sesuai dengan content yang difokuskan oleh blogger tersebut. Misalkan kamu suka dengan beauty, maka fokuslah pada beauty content. Jangan mencampurkan beauty content dengan content resep makanan atau content lainnya. 



Dari kacamata brand, biasanya blogger dapat berfokus pada konten-konten di bawah ini:
1. Beauty, makeup dan skincare. Cukup banyak brand kosmetik dan perawatan kulit yang saat ini memasang endorsement berupa review dari seorang blogger.
2. Food Blogger. Kamu akan banyak mendapatkan endorsement dari restaurant baru, dari brand makanan ringan hingga ke brand minuman segar.
3. Travel blogger. Kalau kamu memiliki hobby travelling, menjadi seorang travel blogger bersama dengan anak dan keluarga bisa menjadi kontent menarik. brand yang akan memasang endorsement bisa seperti traveloka, tiket.co, booking.com atau perusahaan bus, isa juga dari restaurant.
4. Mom and Baby blogger. Wah ini juga lagi banyak banget digandrungin di kalangan mama yang gemar menulis blog. kamu bisa mendapatkan banyak sekali endorsement dan invitation dari ribuan brand yang miliki produk ibu dan bay seperti susu, minyak-minyakan, diapers, bahkan online shop yang menjual baju dan aksesoris anak juga suka ramai memasang iklan untuk diulas di blog mu.

2. MENJADI SEORANG YOUTUBER
Modal : Smartphone (biasanya kita sudah punya ya), software untuk video editing 
Skill : Mengedit Video

Eittt jangan salah, kalau mama tidak memiliki kemampuan public speaking atau berbicara di depan camera, mama tetap bisa menghasilkan uang dari youtube. Cukup banyak channel youtube yang tidak menampilkan video seseorang sedang berbicara kok. Idenya bisa berupa unboxing mainan anak, unboxing peralatan anak, atau sekedar bermain mainan anak seperti mobil-mobilan yang divideo in dan mendapatkan jutaan views. Atau video ASMR makanan yang juga saat ini banyak digemari.



Youtuber memperoleh penghasilan lebih tinggi baik dari segi views yang dibayarkan oleh youtube maupun dari segi endorsement/ penempatan iklan dari brand. Kunci dari kesuksesan di youtube adalah konsistensi dalam mengunggah video. Jadwalkan video yang akan di upload dan konsisten dalam upload konten video.

3. MENJADI DROPSHIPPER MAINAN ANAK/BUKU ANAK/BAJU ANAK
Modal : Tergantung dari seller biasanya mulai di 1- 2 juta
Skill : Percaya diri dalam berjualan di social media, whatsapp dan berbagai tempat

Menjadi seorang dropshipper memang lebih mudah dibandingkan harus berjualan dengan nge-stock banyak barang dan mengeluarkan modal yang lebih besar. Biasanya jika kita bisa menjadii reseller, barang yang kita jual memang sudah ada marketnya jadi kita tidak perlu lagi uji market. Yang dibutuhkan adalah ketekunan agar barang yang kita jual bisa lebih cepat laku. Menurutku, apapun hal yang berbau anak, biasanya orang tua cukup konsumtif dalam membeli peralatan anak, jadi salah satu pilihan bisnis menjual perlengkapan mainan, buku atau baju anak akan membuka peluang profit yang besar.

Kalau menjadi reseller, jangan lupa untuk memasang barang jualanmu di e-commerce. Saranku cukup fokus di satu e-commerce saja dan besarkan market disitu. Jika kita masih menghandle online shop kita sendirian, terlalu banayk memaang toko di banya e-commerce justru tidak akan fokus, nah jika kita sudah bisa mempekerjakan admin, baru deh kita bisa membuka toko di beberapa e-commerce.

4. MENJADI FREELANCER 
Modal : Biaya Pemasangan iklan di situs/website freelancer sekitar Rp. 100.000,-an/bulan
Skill : Office Work/ Design/ Editor




Kalau kalian adalah salah satu pekerja kantoran sebelum menjadi Ibu Rumah Tangga seperti sekarang dan kalian memiliki kemampuan dalam dunia marketing, membuat proposal, menjadi seorang admin, membuat financial analysis, mengotak-atik excel, kalian juga tetap bisa melakukan itu semua namun sebagai freelance. 

Ada beberapa website yang aku tahu memberikan job freelance untuk dunia perkantoran. Kalian bisa signup di www.freelancer.com, workana.com, sribulancer.com dan bekerja paruh waktu dari Jo-job yang di posting di website-website tersebut. Sama seperti usaha lainnya, awalnya pasti akan terasa berat, namun coba perbaiki profile kalian seperti kalian memperbaiki linked in kalian dan buatlah seprofessional mugkin agar para pemberi job freelance dapat mempercayai kita.


5. MENJADI FOTOGRAFER SUATU PRODUK 
Modal : Camera (bisa DSLR atau Mirrorless Camera), lighting, mini studio box)
Skill : Fotografi dan Photoshop

Semakin banyaknya brand baru yang berjamuran di Indonesia, semakin banyak juga target market yang bisa dibidik untuk ditawarkan jasa photography service. Menurutku, kita tidak perlu membidik pasar brand besar, namun kita bisa memfasilitasi produk-produk baru dengan modal minimalis yang memerlukan jasa fotografi produk yang bagus. Tidak perlu mematok harga yang terlampau tiggi juga namun yang diperlukan adalah banyaknya brand rumahan yang menggunakan jasa fotografi kita.

Kinerjanya pun simple, di awal sesi pemotretan saat kita membuat portfolio produk, kita bisa mengumpulkan produk-produk yang ada di rumah untuk di foto dan dijadikan portfolio untuk di upload di Instagram. 

6. MENJADI EDITOR VIDEO
Modal : Laptop dan software editor
Skill : Video editing

Sekarang ini, di jaman semua social media dan youtube sangat amat berkembang, semakin banyak juga kebutuhan terhadap orang yang bisa mengedit video dengan cukup baik. Biasanya, banyak para content creator yang dengan mudahnya membuat video namun tidak memiliki kemampuan khusus dalam mengedit video ataupun tidak ada waktu dalam mengedit video. 

Nah, target market yang bisa kamu tawarkan untuk jasa ini adalah dengan mengirimkan pesan kepada para selebgram di Instagram dan kalian bisa menawarkan editan video untuk instagram TV atau instagram video mereka. Selain itu, coba tawarkan kepada para beauty influencer, mom and baby influencer, jika mereka ingin membuat youtube, mereka bisa menghubungi kamu dalam mengedit video mereka agar waktu mereka para content creator dapat lebih effisien.

7. BERJUALAN MAKANAN HOMEMADE / CATERING HOMEMADE ANAK
Modal : Modal awal saat membuat contoh makanan untuk portfolio foto
Skill : Memasak




Semakin banyaknya para mama yang concern dengan kebersihan dan kesehatan anak, semakin banyak juga mama yang suka memberikan MPASI anak melalui catering homemade food. Karena sekarang ini mama juga mulai concern dan tidak mau memberikan makanan siap saji seperti jaman dahulu 10 tahunan yang lalu.

Nah, kalau mama pintar dan hobi memasak, membuat homemade food untuk dijadikan catering harian dengan target market makan anak bisa menjadi salah satu peluang bisnis, terutama untuk para working mom yang suka sulit memiliki waktu dalam memasak. Aku sendiri bukan orang yang suka memasak dan ga bisa masak, makanya kalau ada catering untuk anakku yang picky eater, aku pasti akan mencoba catering tersebut hehe..


8. JASA PENERJEMAH BAHASA ASING
Modal : Tidak ada
Skill : kemampuan berbahasa asing

Nah, kalau mama sekalian termasuk salah satu orang yang mahir dalam berbahasa asing, mama bisa juga mencoba usaha sampingan tanpa modal yaitu menjadi penerjemah bahasa asing. Aku pernah bebrapa kali mendapatkan penghasilan dari usaha ini, namun tidak aku lanjutkan karena fokusku menjadi terpecah antara usaha marketing agency yang sedang aku rintis dan menjadi peneremah bahasa asing. Biasanya kita bisa menawrkan jassa ini ke institusi-institusi negara atau ke publisher buku.

Step awalnya, coba minta saudara atau kenalan mama yag bekerja di kantoran manapun jika membutuhkan translator bahasa asing untuk menghubungi kamu. Jika bertemu satu client saja pendapatannya sangat lumayan karena penerjemah bahasa asing biasanya dibayarkan berdasarkan jumlah halaman yang harus diterjemahkan.

Kalau kalian sudah cukup banyak client, kalian juga bisa membuat blog dengan blogspot saja dan mulai menawarkan di kaskus. Kaskus benar-benar masih menjadi tempat untuk mencari penerjemah bahasa asing dan aku pernah dapat beberapa job dari kaskus loh!


9. MENJADI GURU PRIVAT/GURU LES
Modal : Buku untuk materi les, lokasi kelas (jika bukan di rumah klien)
Skill : Kemampuan bahasa asing, kemampuan pelajaran, kemampuan seni, kemampuan olah raga

Nah bagi kalian yang memiliki kemampuan di atas, kalian bisa mulai membuka kursus privat atau les untuk anak-anak. Menjadi guru privat bukan hanya soal mata pelajaran saja, namun bisa juga guru privat mengajarkan ibu-ibu memasak, guru privat mengajarkan anak remaja menari, guru privat mengajarkan bikin kue, guru privat les makeup, guru privat alat musik, guru privat bahasa asing, guru privat yoga, bahkan kalian bisa juga menjadi guru privat dalam membuat kerajinan tangan loh!



Jika usaha kalian semakin berkembang, semakin banyak client yang percaya dengan kalian, baru deh bisa memanggil teman/kenalan/guru yang memiliki kemampuan yang sama dan lama-lama usaha rumahan ini bisa menjadi sebuah kursus dengan banyak anak murid, banyak jadwal, dan juga banyak pengajarnya loh! yang penting tetap fokus mengerjakan satu hal tersebut dan jangan hilang fokus dengan mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu.

10. MENJADI RESELLER KEBUTUHAN IBU
Modal : Tergantung dari seller biasanya mulai di 1- 2 juta
Skill : Percaya diri dalam berjualan di social media, whatsapp dan berbagai tempat

Ide ini memang hampir mirip dengan ide pada poin nomor 3, namun ini merupakan satu alternative dan fokus berjualan yang berbeda dengan poin nomor 3. Pada dasarnya konsepnya sama yaitu menjadi seorang reseller dan mulai jualan online, namun barangnya adalah kebutuhan si Ibu/ kebutuhan wanita dalam mempersiapkan kehamilan dan setelah menjadi seorang ibu.

Bisa berupa fokus penjualan di baju menyusui, apron menyusui, baju hamil yang tetap terlihat kekinian, sendal atau sepatu yang tetap cantik untuk ibu hamil, tas perlengkapan kebutuhan anak yang tetap trendy, dan lain sebagainya kebutuhan seorang Ibu yang pastinya juga banyak dan pasti dibeli oleh sang Ibu atau calon Ibu.

Dari semua ide bisnis di atas, yang terpenting adalah fokus kita saat menjalankan usaha. Walau hanya kita bekerja mengunakan daster rumahan, namun pikiran kita harus berfokus pada goals yang sudah kita buat. Fokus benar-benar game changer banget loh mom! bukan hanya itu saja, konsistensi dan komitmen kita yang dituntut tetap menjalankan peran sebagai Ibu rumah tangga serta menjalanakna bisnis yang tidak boleh ditinggal juga menjadi salah satu kunci usaha yang akan sukses.

Aku akan lanjut ide bisnis part 2 secepatnya ya..

Talk to you soon

XO,
Ola Ayu

No comments:

Post a Comment