Friday, October 11, 2019

7 TRIK MAKEUP CEWEK KOREA YANG BIKIN MUKA TERLIHAT AWET MUDA

HAH SONG HYE KYO SUDAH 38 TAHUN?? KOK KELIHATAN KAYA 28 TAHUN SIH? AKU JUGA MAU DOONNGGGG!!!

Hello Beautiful!

Kalian pasti setuju kan kalau kebanyakan cewek Korea tuh terlihat awet mudah dan gak kelihatan sudah berumur. Aku sendiri waktu ke Korea pernah nemuin wanita yang lagi jalan sama anak remaja, eh tiba-tiba si anak remaja manggil "Umma.." yang artinya mama. Wah gak nyangka itu ibunya aku kirain itu tantenya yang masih umur akhir 20 tahun-an. Kalau mau nyebutin nama artis Korea, sebut saja Song Hye Kyo (38 tahun) yang terkenal sangat awet muda, Han Ji Min (37 tahun) yang masih seger ala belia, Kim Tae Hee (39 tahun) istrinya Rain yang masih cocok dibilang umur 29 tahun, dan sederet nama yang aku yakin kalian juga setuju bilang kalau mereka memang terlihat jauh lebih muda dari umur aslinya.

Menurut aku, selain pengaruh iklim dan lingkungan di Korea yang lebih oke, makanan kimchi yang katanya kebanyakan orang itu bikin awet muda, skin care yang selalu digunakan dan berbagai faktor lainnya yang mendukung cewek-cewek Korea terlihat awet muda, ternyata tampilan makeup mereka juga menjadi faktor yang gak kalah penting untuk mereka terlihat lebih awet muda. Nah, setelah aku research dan pelajarin dari drakor-drakor kesayangan (mamanya Ray ini emang KPOP-ers guys!), ini dia 7 trik makeup cewek Korea yang bikin muka kalian terlihat awet muda:


1. Straight Brows atau Bentuk Alis Lurus



Berbeda dengan alis yang ala cewek barat yang cenderung melengkung ala bulan sabit, cewek Korea justru lebih memilih straight brows atau bentuk alis lurus untuk alis mereka. Coba deh kalian perhatiin, girl groups mana yang pakai alis melengkung ala cewek-cewek instagram? atau aktris mana yang alisnya digambar on point kaya celurit (wkwk)? Aku sih gak pernah nemuin ada cewek Korea di TV sama di sana yang ngegambar alis on point gitu. Mereka ngegambar alis lurus, why? karena waktu kita masih baby, alis kita berbentuk lurus dan terlihat sangat natural. Salah satu tools yang cewek Korea pakai juga sekarang ini rata-rata lebih ke brow cushion instead of pensil alis atau pomade brow.  Dengan brow cushion warna alis gak terlihat ngeblock dan terkesan gak natural. 

2. "Fruit Juice" Makeup



Coba deh perhatiin blush on nya Park Min Young di film Her Private Life sama What's Wrong with Secretary Kim pasti kelihatan Juicy kan? Dengan aplikasi blush on langsung di tulang pipi (bukan di bawah tulang pipi ala cewek barat) dan penyapuannya subtle terasa halus tapi berwarna, wuuihh kelihatan kaya fruit juice banget :D ! Fruit juice yang bisa diartiin sebagai perona pipi yang berwarna seperti buah yang sudah matang dan siap untuk dimakan. Rahasianya Pakai blush on berwarna seperti buah (coba bayangkan warna buah peach, apel, strawberry). Aplikasikan secara langsung ditulang pipi dan jangan membaurkan dengan menarik brush ke atas dan keluar. Kalau kamu gak punya blush on tipe warna ini, kamu juga bisa mengganti alternatif blush on dengan lip tint yang juga bisa dipakai di pipi.

3. Peach blossom eyeshadow



Instead of Smokey eyes, halo eyes, cut crease eyes dengan menggunakan warna yang dramatis, cewek Korea lebih memilih pakai warna peach atau kemerahan natural untuk eyeshadow mereka. Alasannya supaya muka terlihat seperti habis nangis jadi memerah dan cewek Korea suka look setelah mereka nangis katanya itu terlihat cute (agak aneh sih tapi aku kalau habis nangis sih jelek wkwkwk)... Tapi cobain deh ganti warna eyeshadow kamu dari coklat natural jadi peach kemerahan dan rasain perbedaannya. Aku ngintipin Pony Makeup aja sering banget dia pakai eyeshadow dengan turunan warna merah samapi ke peach dan itu terlihat seger dan terkesan lebih natural dibandingkan dengan glam look ala cewek barat.

4. Subtle Glitters



Yang ngebedain makeup ala cewek korea dan ala cewek barat yang seliweran di feed instagram ada di ketebalan pemakaian glitter di bagian mata. Kalau cewek barat, kita bisa lihat betapa glitter dipakai dengan ketebalan ekstra dan terpampang nyata, sedangkan di Korea dipakai secara subtle atau halus sampai orang bakal mempertanyakan apakah ini cewek pakai glitter atau gak. Terkadang orang bahkan bisa mikir kalau itu adalah bekas tetesan air mata. pilih warna glitters yang natural seperti silver dan gold untuk diaplikasiin di bawah mata kamu and then voilllaaaaa there you go! makeup ala SNSD langsung terlihat deh kemanisannya.

4. Ganti Cat Eye dengan Puppy Eye



Nah, kalau selama ini kamu pakai cat eye coba ganti dengan puppy eye karena cewek korea is all about puppy eye yang cute yang bikin kita gemes. Puppy eye itu gimana cara pakainya sih? Aplikasiin eyeliner menggaris kebawah mata dan jangan ditarik ke atas. Semakin mata terlihat membulat kebawah semakin terlihat muda seperti orang korea.

5. Cushion, Cushion and Cushion



Mulai dari Foundation Cushion, Blush on Cushion, Eyebrow cushion dan lainnya, cewek Korea lebih memilih foundation berbentuk cushion dibandingin foundation biasa untuk tampilan yang lebih luminous dan berefek glass skin. Tip untuk pakai cushion adalah dengan memencet bagian tengah cushion dengan aplikator dari cushionnya (dan jangan pakai beauty blender) karena hasil yang didapatkan akan berbeda. Tujuannya adalah dengan aplikator dari cushion, kita bisa meratakan foundation dengan ujung jari kita dan akan ngebuat terlihat lebih natural. Natural = terlihat lebih muda.

6. Pakai Pelembab Muka Sebelum Pakai Makeup



Mau muka mereka kering atau berminyak, cewek korea akan selalu menggunakan skin care pelembab dan sunscreen untuk dasar makeup mereka. Selain bikin kulit jadi lebih sehat, pelembab muka juga bikin tampilan lebih terlihat kenyal dan gak kering jadi bikin cracking gitu. Pilih pelembab yang sesuai sama jenis kulit muka kamu dan jangan lupa aplikasiin sunscreen juga karena Indonesia mataharinya sungguh terik sisteerrr ;) 

7. Subtle Highlighter



kalau lihat cewek Korea, jarang banget ya ada yang pakai highlighter sampai blinding gitu. Gak pernah juga aku ngelihat mereka secara langsung pakai highlighter yang warnanya cuma segaris lebih terang dan mencolok dibandingin warna blush on nya. Nah, subtle highlighter bikin muka lebih glowing secara natural tanpa terkesan "maksa" untuk menampilkan kilau di muka. Semakin natural highlighter nya semakin terlihat lebih awet muda dan segar. Coba deh aplikasiin highlighter dengan brush yang flufy agar hasilnya gak terlalu blinding di satu tempat saja dan terlihat glowing natural. 

Korean makeup is about subtle makeup guys! Itu kunci look mereka yang terlihat fresh jadi bikin kelihatan lebih muda dari umurnya. Semoga membantu yaaa terutama untuk ibu-ibu yang masih mau kelihatan muda belia kaya dulu sebelum ada buntutnya hahahaha..

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba hei you beautiful ladies :*

Xo
Ola Ayu

2 comments:

  1. Thanks utk tips nya beb. Sekarang Korean Make Up look lagi booming banget ya ��

    ReplyDelete
  2. fruit juice makeup neh keknya belum pernah aku lakuin deh, kok jadi pengen ya.

    ReplyDelete