BEAUTYPRENEUR, TERNYATA MEMILIKI BRAND SENDIRI SANGAT MUDAH LOH!

by - 9:18 PM

Pernah kepikiran gak sih kalau suatu saat nanti kita punya line brand skin care kita sendiri? Atau mau merambah ke hair care atau baby care dengan brand milik kita sendiri? Aku kira caranya untuk ngebuat suatu produk hasil karya kita sendiri susah dan ribet, tapi ternyata mudah loh kalau kita mau punya brand sendiri kaya Lizzie Para, Ashanty, Ussy dan sederet public figure di tanah air ini. So, who's gonna be the next Kylie Jenner yang menjadi beautypreneur ternama?

Hello beautiful!

Beberapa hari lalu aku datang ke acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 di ICE BSD dan aku mampir ke booth nya PT Indocare Citrapasific bersama teman-teman blogger lainnya. Aku memang tertarik banget ingin menjadi seorang beautypreneur dan memiliki brand sendiri suatu hari nanti, amiin amiinn, jadi pas lihat booth nya PT Indocare Citrapasific kemarin makin semangat banyak tanya ini itu untuk nambah-nambah ilmu, siapa tau yaa kan bisa jadi the next Ussy Sulistiawaty dengan brand Dissy nya hehehe.. Sambil nambah ilmu untuk jadi beautypreneur, aku juga akan ngebagi info bermanfaat di blog ini yaa, siapa tau ada reader disini yang butuh dan memang ingin menjadi beautypreneur dengan memiliki brand sendiri.

Berfoto di booth PT Indocare Citrapasific di Trade Expo Indonesia 2018 

Anyway, sebelum aku cerita lebih lanjut tentang detail informasinya, reader sekalian pasti sudah tau ya apa itu beautypreneur? Beautypreneur berasal dari 2 kata beauty entrepreneur atau dapat diartikan sebagai seseorang yang memproduksi barang atau servis di bidang kecantikan. Contoh beautypreneur Indonesia yang sudah sukses dengan bisnis kecantikannya ada Lizzie Parra dengan brand BLP, Ussy Sulistiawaty dengan brand Dissy, bahkan ibu Martha Tilaar yang punya perusahaan Martha Tilaar. Jadi, siapa nih yang punya keinginan untuk jadi beautypreneur dan memiliki brand sendiri?

Ternyata kalau kita mau jadi seorang beautypreneur yang memiliki brand sendiri, saat ini mudah banget loh. Kita hanya perlu memikirkan konsep yang kita mau dan nanti akan ada perusahaan OEM yang membantu memfasilitasi semua kebutuhan kita dalam ngebuat suatu produk. Nah, PT Indocare Citrapasific (ICP) ini adalah salah satu perusahaan berpengalaman yang bisa mewujudkan mimpi kita untuk memiliki produk kecantikan dengan konsep sesuai permintaan kita dan hasilnya akan menjadi brand kita sendiri.

Di booth, aku dan teman-teman blogger lainnya disambut ramah sama Ibu Monita selaku tuan rumah perwakilan dari ICP. Langsung dong aku yang kepo-an banyak nanya ini itu tentang gimana sih caranya punya brand sendiri, soalnya pasti dong kebayang yang namanya bikin brand sendiri itu pasti gak mudah. Sebagai salah satu mantan orang product development, aku paham banget yang namanya buat suatu produk pasti ribet deh, mulai dari konsep yang harus matang, packaging yang harus di design, formula yang belum tentu aku ngerti manfaat dan kegunaannya, apalagi perizinan pemerintah yang pastinya butuh waktu dalam mengurusnya.

Suasana saat para blogger mendengarkan informasi mengenai PT. Indocare CItra Pasific. Foto diambil oleh Mas @Frank.Iskandar

Ibu Monita sendiri menjelaskan kalau ICP dapat memfasilitasi keinginan para beautypreneur mulai dari A - Z. Memang apa saja sih yang dibutuhkan dalam membuat suatu produk hingga dapat dijual di pasaran?

Suatu produk kecantikan yang beredar di pasaran, ternyata dalam pembuatannya sudah menjalani banyak proses loh, mulai dari ide awal yang hanya berupa konsep, lalu formula apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai konsep yang kita inginkan, lalu apakah produk tersebut aman dan layak digunakan oleh banyak orang, packaging yang harus dipikirkan supaya menarik minat masyarakat,  proses produksi yang pastinya memerlukan alat mesin canggih, hingga perizinan dari pemerintah supaya produk tersebut dapat dengan legal dan aman berada di pasaran. Semua hal yang baru aku sebutkan itu pastinya akan sangat rumit kalau kita kerjain sendiri tanpa bantuan dari perusahaan berpengalaman yang memfasilitasi ide dan keinginan kita dalam memiliki suatu brand. Nah, disinilah hadir PT Indocare Citrapasific sebagai perusahaan berpengalaman yang produknya sudah banyak kita dengar di pasaran seperti vitamin Ester C Holisticare, dan masih banyak lagi.

ICP sendiri memfokuskan perusahaannya untuk memproduksi personal care dan health supplement dengan dukungan sarana produksi/pabrik milik sendiri. Jadi , ICP menawarkan beberapa kategori produk yang dapat diproduksi, yaitu:

1.    Transparent soap
a.    Untuk kecantikan: mencerahkan, mencegah penuaan, eksfoliasi.
b.    Untuk kesehatan kulit : antiseptik, mencegah jerawat.
c.    Aromaterapi.
2.    Hair care
Shampoo, conditioner, masker rambut, serum rambut, tonik rambut, hair mist, pomade dan lainnya.
3.    Face care
Krim pagi, krim malam, pembersih, penyegar, serum, pelembap, masker wajah dan lainnya.
4.    Body and bath
Sabun mandi, body lotion, body cream, pembersih kewanitaan, gel antiseptik tangan, dan lainnya.
5.    Hand and foot
            Hand and foot cream, relaxing gel, vitamin kuku, dan lainnya.
6.    Baby care
            Top to toe wash, shampoo, baby oil, baby soap, baby wash, cologne, massage gel/cream/oil, baby                       lotion/cream, cajuput/telon oil, diaper care dan lainnya.



Kelebihan ICP dibandingkan dengan perusahaan kompetitor terdapat pada sistem stability test yakni memastikan kualitas produk stabil (earna, kekentalan, dll) dalam jangka waktu tertentu dan juga ICP menjunjung tinggi integritas dalam kerahasiaan dan eksklusivitas formulasi produk tiap pelanggan sangat dijaga, ini menunjukan formula yang sama persis tidak akan dijual kepada lebih dari 1 pelanggan. Nah, berikut ini layanan ICP yang dapat kita nikmati saat kita bekerja dama dengan mereka, jadi kita sebagai beautypreneur hanya tinggal memikirkan ide produk yang kita inginkan dan sistem pemasaran saja supaya produk kita laku di pasaran. Urusan produksi cukup serahkan kepada ICP karena layanan one stop product development solution ICP mencakup:

1.    Gagasan / product concept
Dapatkan info-info tentang bahan aktif yang akan menjadi trend di pasar.
2.    Formulation
Merumuskan komposisi produk agar daya kerja dan keamanan optimal.
3.    Packaging
Pemilihan kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk.
4.    Stability test
Memastikan produk stabil (warna, kekentalan, dll) dalam jangka waktu tertentu.
5.    Registration
Proses registrasi/notifikasi produk ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
6.    Production
Produksi dengan jadwal yang tepat waktu.
7.    Quality control

Memastikan hasil produksi massal sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan.



Nah, teryata mudah kan kalau kita mau punya produk dan brand kecantikan sendiri. Tugas kita hanya memikirkan cara pemasarannya saja supaya produk yang kita buat laku di pasaran. Sedangkan urusan produksi dan rentetan lainnya cukup diserahkan ke Indocare sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam memproduksi produk kecantikan dan kesehatan.
Semoga info ini bermanfaat ya untuk reader yang ingin memiliki brand kecantikan sendiri.

Thank you udah baca blog ini ya..

XO,
Ola Ayu



You May Also Like

7 comments