Wedding Prep - Catering

Tuesday, June 30, 2015

Assalamualaikum,

Huuhuhu maaf banget baru nge-update lagi persiapan wedding di blog ini. 



Pastinya kita semua setuju ya kalo wedding khususnya di Jakarta itu harga nya selangit banget. Aspek yang paling penting dari semua element pada pernikahan adalah catering. Catering yang paling ditakutin gimana kalau nanti gak cukup dan ditengah acara tamunya kehabisan makanan? gimana kalau rasanya ga sesuai sama pas lagi test food? gimana kalau para tamu ga sreg sama makanannya? dan macem-macem pikiran lainnya yang sering banget dijadiin landasan dalam memilih catering karena seperti yang kita semua tahu, catering pernikahan itu mahalll dan paling menghabiskan budget.

Untuk aku sendiri, catering ini bener-bener aspek yang harus dipikirin mateng-mateng karna para tamu undangan kita hadir untuk makan di acara pesta pernikahan kita. Mereka ga akan memikirkan dekorasi apa yang ada pada acara pernikahan kita, mereka ga akan peduli baju rancangan siapa yang kita kenakan, apalagi mikirin siapa wedding photographer kita, kayanya itu semua ga akan dijadikan patokan kepuasan para tamu datang ke acara kita deh. Dari 100 orang yang aku wawancarai pada acara pernikahan, 90% dari mereka merasa makanan yang disajikan pada saat acara pernikahan adalah hal utama yang mendorong mereka untuk datang ke suatu acara pernikahan. 

So, apa saja sih yang harus diperhatikan dalam memilih vendor catering:

1. Rekomendasi atau Referral 

Ini adalah step paling aman dalam memilih catering, yaitu dari rekomendasi rekanan yang pernah memakai jasa catering tersebut karna mungkin dari 25 daftar vendor rekanan gedung pernikahan untuk catering, ga ada 1 pun catering yang kita kenal. Untuk meminimalkan kebingungan kita, coba dicari saudara, teman atau kerabat dekat yang pernah mengadakan acara resepsi pernikahan, jadi kita bisa menyeleksi vendor catering mana saja yang kira-kira punya reputasi baik dan terpercaya.


2. Browsing 

Dengan semakin banyaknya website mengenai wedding, pasti banyak juga review dari sesama calon pengantin dan para pengantin mengenai jasa catering yang akan mereka gunakan atau telah mereka gunakan. Jangan malas untuk mencari tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing catering yang ada pada list vendor kamu. semakin banyak review nya, semakin terpercaya juga hasil review tersebut.


3. Harga sesuai Budget

Pastikan kita sebagai calon pengantin sudah tahu dulu berapa budget dari masing-masing post aspek-aspek pernikahan. karena biasanya catering memiliki proporsi budget yang paling mahal, pastikan harga yang ditawarkan oleh vendor catering sesuai sama budget yang sudah diperkirakan.

Awalnya pasti bingung ngelihat list harga catering, apalagi untuk menu gubukan nya. Nah, makanya kita harus tahu berapa budget kita untuk keseluruhan biaya catering. Disamping itu, biasanya dari masing-masing gedung sudah menentukan minimal budget catering yang harus dipilih. Contohnya untuk gedung Sasana Kriya - Mandira Ballroom harga catering Rp. 95.000 minimal pemesanan 1.000 pax. Harga yang dimaksudkan pada ketentuan gedung seperti ini adalah harga untuk menu buffet atau prasmanan, sedangkan kita masih harus mengeluarkan kocek untuk menu stall/gubukan. 

Jangan lupa untuk meminta penawaran harga yang diberikan oleh vendor kamu untuk total harga catering ya (baik Buffet maupun Stall), jadi kita bisa tahu budget total nya sesuai ga sama budget yang sudah kita perkirakan.


4. Check dengan Rekanan Gedung

Ini satu lagi yang jangan sampai terlupakan, pastikan vendor catering yang kita check adalah vendor rekanan dengan gedung yang akan kita gunakan ya.. Jangan sampai kita sudah melakukan pembayaran DP eh gak taunya catering tersebut ga bekerjasama dengan gedung pernikahan kita.


5. Pastikan menu sesuai dengan keinginan

Jangan lupa pastikan menu-menu yang disajikan sesuai dengan keinginan kamu, pasangan dan orang tua. Biasanya masing-masing vendor sudah memiliki menu andalannya sendiri, jadi rasanya agak susah kalau kita mau request untuk satu menu tertentu yang tidak ada di list daftar menu yang ditawarkan, 

6. Test Food

Saat ini sudah lazim rasanya jika hampir seluruh vendor catering menyajikan test food sebagai nilai jual mereka. Tips dari aku, lakukan test food 2 - 3 kali. Test food yang pertama adalah untuk menyicipi apakah rasanya sudah sesuai dengan selera kita. Test food pertama kali biasanya dalam porsi kecil, jadi kita datang ke vendor tersebut dan mereka menyajikan menu yang kita pilih. Jika rasa sudah sesuai selera lakukan test food kedua, biasanya ini pada acara resepsi pernikahan orang lain yang menggunakan jasa vendor catering tersebut. test food ini bertujuan agar kita bisa merasakan masakan real mereka pada saat acara berlangsung. test food yang ketiga biasanya untuk memastikan rasa makanan yang konsisten dan masih selezat makanan yang disajikan sebelumnya, ini biasanya juga dilakukan pada saat acara pernikahan orang lain yang menggunakan vendor catering tersebut.


7. Pastikan Sales/ Marketing Helpful dan Bertanggung Jawab

Kadang dalam membeli produk, aku orang yang amat sangat concern sama sales/marketing yang menjual barang tersebut. Jadi biasanya aku bukan tipe orang yang membeli produk tertentu karena bagus kualitasnya, tapi lebih karena bagaimana seorang sales nya menjual dan mengerti keinginan aku. Nah hal ini yang aku jadiin patokan untuk memilih vendor-vendor pernikahan, seberapa sabar seorang sales vendor dapat menangani keinginan aku, bisa atau ga memahami banyak permintaan aku, apakah orang nya asik untuk dimintai tolong, nah itu semua jadi faktor yang amat sangat membantu dalam memilih catering.

Pastikan PIC yang bekerjasama dengan kita dapat bertanggung jawab dan fleksibel dalam menangani banyak permintaan kita. Maklumlah biaya yang kita keluarkan juga kan tidak sedikit, jadi sudah sewajarnya jika kita dapat dibantu dengan tim sales yang helpful dan bertanggung jawab

8. Cek Dekorasi Catering

Dekorasi catering biasanya sangat membantu membuat dekorasi pernikahan kita semakin mewah. Namun beberapa dekorasi catering justru membuat dekorasi pernikahan asli kita terlihat jadi gak oke. Nah, jangan lupa untuk melihat galeri photo untuk dekorasi mereka ya. tanyakan saja pada sales nya untuk melihat beberapa hasil karya dekorasi catering yang pernah mereka sajikan, karena dekorasi catering ini bisa sangat membantu keindahan seluruh ruangan acara pernikahan kita.



Mudah-mudahan tips nya berguna untuk para bride to be sekalian ya, hehehe.. Insyaallah topik selanjutnya adalah Pertanyaan apa saja yang harus ditanyakan kepada para vendor catering. 

Write more soon..

XO
Ola Ayu
INDONESIA BLOGGER
Blogger Perempuan